Tuesday, July 21, 2009

Perdiatekenlah Kesehatendu oo..Mamre..!

Ogen : Daniel 1:8-13
Tujun :
-Gelah Mamre ngeteh uga pentingna ras ergana kesehaten
-Gelah Mamre ngeteh uga njaga kesehatan (arah pangan, cara rukur, erdahin ras perbahanen).

Nats Alkitab :
8. Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.
9. Maka Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana itu;
10. tetapi berkatalah pemimpin pegawai istana itu kepada Daniel: "Aku takut, kalau-kalau tuanku raja, yang telah menetapkan makanan dan minumanmu, berpendapat bahwa kamu kelihatan kurang sehat dari pada orang-orang muda lain yang sebaya dengan kamu, sehingga karena kamu aku dianggap bersalah oleh raja."
11. Kemudian berkatalah Daniel kepada penjenang yang telah diangkat oleh pemimpin pegawai istana untuk mengawasi Daniel, Hananya, Misael dan Azarya:
12. "Adakanlah percobaan dengan hamba-hambamu ini selama sepuluh hari dan biarlah kami diberikan sayur untuk dimakan dan air untuk diminum;
13. sesudah itu bandingkanlah perawakan kami dengan perawakan orang-orang muda yang makan dari santapan raja, kemudian perlakukanlah hamba-hambamu ini sesuai dengan pendapatmu."


Renungen:
- Kesehaten ergan asangkan erta.
- Men sano in corpore sano, ibas daging si sehat lit jiwa si sehat ka.
- Bentuk tanggungjawabta man Tuhan, maka sijaga kulanta gelah sehat si notabene kulanta e eme ingan tading kesah sibadia (Roh Kudus).
- Mari sibereken dirinta (kulanta) ipakeken Dibata guna erberita simeriah ntah ersaksi arah pendahin dan kerin bentuk talenta si lit ibas kita.
- Adi pagit, ula minter utahken ras adi entebu, ula minter ipan, mungkin ertina gelah kita ngasup nulak sura-sura matanta guna ngkonsumsi pangan ntah inemen si megati jadi racun ibas tubuhta.

Bujur, selamat melayani..!

No comments: